Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Ciri ciri orkitis adalah peradangan pada 1 atau ke 2 testis yang disebabkan oleh infeksi atau gondong. Ini juga dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah) dan klamidia. Orkitis didefinisikan sebagai peradangan pada testis. Peradangan testis yang terisolasi biasanya disebabkan oleh infeksi gondong terkait seperti infeksi virus pada kelenjar parotis.

Apa Arti Dari Orkitis?

Ciri orkitis ditandai dengan peradangan testis seorang pria. Biasanya terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Ini dapat menyebar ketika bakteri memasuki darah dari bagian lain dari tubuh. Ini juga dapat terjadi karena epididimitis yang merupakan infeksi yang berkembang dalam tabung yang mengangkut semen keluar dari testis. Kondisi ini juga disebut sebagai epididimo orkitis. Ciri orkitis juga umumnya dikaitkan dengan virus atau gondong. Sebagian pria yang mengembangkan gondong setelah masa pubertas maka akan mengembangkan orkitis.

Apa Yang Menyebabkan Orkitis?


Paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus gondong. Terkadang terjadi dengan infeksi epididimitis. Epididimitis adalah tabung di atas skrotum yang mengangkut sperma ke vas deferens. Orkitis juga dapat terjadi sebagai akibat dari infeksi prostat atau penyakit menular seksual (IMS). Inilah penyebab orkitis akut, meliputi :

• Infeksi virus Mumps Orchitis menjadi penyebab paling umum.

• Infeksi bakteri dan piogenik yaitu infeski Eschericia Coli (E.Coli), Klebsiella, Pesudomonas, Staphylocccus dan Streptococcus biasanya dikaitkan dengan epididimitis.

• Granulomatosa yaitu Treponema Pallidum, M. Tuberculosis, Mycobacterium Leprae, Actinomyces dan penyakit jamur.

• Trauma.

• Idiopatik yaitu dapat beberapa kasus penyebabnya tidak ketahui.

Berhubungan dengan virus penyebabnya, sebagian anak laki-laki remaja yang pubertas dengan gondong memiliki orkitis secara bersamaan.

Baca Juga : Orchitis Adalah…

Tanda Dan Ciri Orkitis Pada Pria

Tanda dan ciri orkitis biasanya muncul secara tiba-tiba. Tanda dan gejala ini kemungkinan termasuk :
 
• Pembengkakan dan nyeri tekan pada 1 atau 2 testis.
• Nyeri yang ringan hingga nyeri yang berat.
• Demam.
• Mual dan muntah.
• Rasa sakit pada testis.
• Pembentukan hidrokel reaktif.
• Epididimis bukanlah kondisi yang menyakitkan.
• Orkitis ditemukan dalam hubungan dengan epididimitis akut pada sebagian penderitanya.
 
Nyeri testis dan nyeri pangkal paha terasa secara bergantian. Akan tetapi nyeri selangkangan biasanya terjadi di dalam lipatan kulit antara paha dan perut. Penyebab nyeri selangkangan biasanya berbeda dengan nyeri testis.

Cara Mendiagnosis Orkitis Adalah


Dokter akan menanyakan mengenai riwayat kesehatan dan tanda atau ciri orkitis nya. Lalu melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan tingkat peradangan. Kemungkinan memerlukan pemeriksaan prostat untuk melihat adanya prostat meradang. Kemungkinan juga dengan sampel urine dan menyeka cairan apapun untuk analisis di laboratorium. Ini dapat menentukan adanya infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi lainnya.

Inilah Pengobatan Aman Untuk Orkitis


Orkitis bakteri diobati dengan pengobatan antibiotik, obat-obatan anti inflamasi dan kompres yang dingin. Terlepas dari sumber peradangan, pemulihan secara penuh hingga beberapa minggu. Usahakan jauhkan diri dari berhubungan seksual dan mengangkat beban berat saat melakukan pengobatan karena orkitis.

Jika terinfeksi infeksi menular seksual (IMS), pasangan seksual Anda juga harus melakukan pengobatan. Pada kebanyakan pria yang menderita orkitis dapat pulih sepenuhnya tanpa efek yang bertahan lama. Pengobatan orkitis ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani orkitis dan penyakit andrologi lainnya. Pengobatan di Klinik Utama Gracia ini sangat aman dan teruji terpercaya. Biayanya juga sangat terjangkau. Anda tidak perlu khawatir, percayakan penanganan orkitis hanya di Klinik Utama Gracia. Hubungi segera kami di 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Orkitis Adalah Peradangan Pada Testis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.