Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Orchitis pada dewasa adalah infeksi pada testis yang biasanya dengan virus gondong. Gejalanya adalah pembesaran testis, terasa nyeri tekan dan bengkak. Gejala sistemik termasuk demam, sakit kepala dan mialgia. Diagnosisnya bersifat klinis akan tetapi USG harus dilakukan untuk menyingkirkan penyebab skrotum akut lainnya. Pengobatan simtomatik biasanya dengan analgesik dan yang lainnya. Pengobatan antibiotik diberikan jika infeksi bakteri diidentifikasi.

Orchitis Adalah Pengertian Dari

Orchitis pada dewasa adalah pembengkakan atau nyeri pada 1 testis atau keduanya, biasanya karena infeksi atau virus. Orchitis pada dewasa adalah pembengkakan testis yang jarang trejadi. Hampir selalu muncul dengan cepat dan hilang dengan pengobatan. Orchitis kronis tidak terdefinisi dengan baik. Dan dianggap sebagai bagian dari masalah kesehatan yang disebut orchalgia (nyeri testis kronis).

Apa Yang Menyebabkan Orchitis?

Penyebab orchitis pada dewasa diantaranya :

• Penyebab Bakteri

Orchitis dapat disebabkan oleh bakteri bukan virus. Biasanya muncul dari infeksi jaringan di sekitarnya yang dikenal dengan epididimitus, lalu menyebar atau menular ke testis. Penyebab pada pria remaja adalah oleh bakteri menular seksual seperti klamidia atau gonore (kencing nanah). Jenis infeksi bakteri lain (misalnya Brucellosis) juga dapat menyebabkan orchitis terutama pada anak-anak atau pria dewasa.

• Penyebab Tidak Menular

Karena orchitis hanya berarti peradangan pada testis yang dapat mencakup penyebab tidak menular. Dan yang paling umum adalah dimana aliran darah ke testis terganggu dan sering karena hernia yang terperangkap.

Baca Juga : Ketahui Ciri Ciri Orkitis Pada Pria

Gejala Orchitis Pada Dewasa Adalah

Beberapa gejala orchitis pada dewasa meliputi :

• Gejala Utama

Gejala yang membedakan orchitis dengan infeksi lain termasuk :
 
a. Nyeri Atau Pembengkakan Testis
 
Untuk gondok, gejala testis biasanya muncul 1 minggu hingga 2 minggu setelah tanda demam, sakit kepala, malaise dan pembengkakan kelenjar ludah di rahang (parotitis).
b. Unilateral Atau Bilateral
 
Orchitis biasanya unilateral (mempengaruhi 1 sisi) akan tetapi juga bisa bilateral (mempengaruhi 2 sisi).

• Gejala Lainnya

Gejala sismetik orkitis lainnya yang tidak mempengaruhi testis termasuk :
 
a. Demam
 
Ini adalah gejala sistemik yang paling umum, terkadang terlihat bersamaan dengan sakit kepala dan malaise, sering muncul lebih awal dalam infeksi hingga 2 minggu sebelum orkitis mulai masuk.
 
b. Kencing Yang Menyakitkan
 
Disuria yaitu kencing yang menyakitkan dapat dilihat pada orchitis bakteri terutama ketika disebabkan oleh bakteri yang ditularkan secara seksual atau infeksi saluran kemih (ISK).
 
c. Adanya Darah Dalam Urine Atau Air Mani
 
Memungkinkan untuk melihat darah dalam urine (hematuria) atau air mani (hematispermia) khususnya pada orchitis non virus.
 
d. Nyeri Paha Atau Skrotum, Pembengkakan Dan Kemerahan
 
Orchitis karena penyebab apapun juga bisa disertai dengan rasa sakit, bengkak dan kemerahan jaringan di sekitar testis seperti skrotum atau paha.

Bagaimana Cara Mendiganosis Orchitis?


Pemeriksaan fisik dapat menunjukkan :

• Kelenjar prostat yang membesar atau lunak.
• Kelenjar getah bening yang membesar dan di area selangkangan (inguinal) di sisi yang sakit.
• Testis yang lunak dan membesar di sisi yang sakit.
• Kemerahan atau kelembutan skrotum.

Tes atau pengujian dapar meliputi :

• Menghitung darah secara lengkap.
• Ultrasonografi testis.
• Tes atau pengujian untuk menyaring klamidia dan gonore (kencing nanah) dengan pemeriksaan uretra.
• Urinalisis.
• Kultur urine dan memerlukan sampel termasuk aliran awal, aliran tengah dan setelah pemijatan prostat.

Cara Mengobati Orchitis Pada Dewasa


Pengobatan untuk orchitis virus meliputi :

• Pengobatan Penghilang Rasa Sakit

Dengan obat-obatan antiinflamasi non steroid. Pengobatan ini tidak boleh diberikan pada orang-orang dengan kondisi medis tertentu (seperti penyakit ginjal).

• Gendongan Skrotum

Dapat meredakan dengan mengangkat dan menyangga jaringan yang meradang.

• Pereda Nyeri Lainnya

Untuk mengontrol rasa nyeri yang lebih agresif dengan anestesi lokal dan mengontrol inflamasi atau pembedahan, akan tetapi ini umumnya bisa berbahaya pada jangka panjang.

Pengobatan untuk orchitis non virus

• Pembedahan

Aliran darah harus dikembalikkan ke testis dan biasanya melalui pembedahan.

• Pengobatan Antibiotik

Untuk orkitis bakteri, pengobatan utama adalah pengobatan antibiotik. Dan dapat bervariasi tergantung pada bakteri yang spesifik dan akan terlihat dari tes atau pengujian urine dan gambaran klinis secara keseluruhan, dan kemungkinan direkomendasikan pengobatan antibiotik jangka pendek.

• Untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Pengobatan yang rutin dan efektif dengan pengobatan anti inflamasi.

Pengobatan ini bisa didapat di Klinik Utama Gracia dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi dibawah ini. Ditangani langsung oleh dokter ahli yang sudah berpengalaman di dalam bidangnya dan peralatan yang digunakan terbaru serta canggih dan modern. Percayakan pengobatan Anda di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.