Orkitis atau peradangan pada area testis memang sering menjadi sebuah masalah kesehatan yang cukup rumit bagi seorang pria, dan tidak jarang bahaya orkitis juga bisa mengikutinya. Beberapa anak-anak dan pria dewasa memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penderita orkitis karena adanya infeksi virus gondong sebagai riwayat yang berkaitan dengan keluhan orkitis tersebut.

Berikut ini adalah pembahasan yang perlu Anda ketahui lebih lanjut mengenai seberapa besar bahaya orkitis mempengaruhi kesehatan organ genital bagi seorang pria.

Bahaya Orkitis Yang Berkembang

• Atrofi testis, orkitis pada akhirnya dapat menyebabkan testis yang terkena menyusut.
• Abses skrotum, jaringan yang terinfeksi dipenuhi dengan nanah.
• Epididimitis berulang, Orkitis dapat menyebabkan episode berulang epididimitis.
• Infertilitas, bahaya orkitis dapat menyebabkan infertilitas atau produksi testosteron yang tidak memadai (hipogonadisme).
• Infark testis, atau kematian jaringan pada testis yang terkena infeksi.
• Terjadi putaran pembuluh darah pada testis atau disebut dengan torsi testis.
• Peningkatan risiko kanker testis.

Untuk beberapa pria yang menderita orkitis, testis yang terkena infeksi dapat berisiko mengalami penyusut dan kehilangan fungsinya. Tidak jarang juga jika Anda mungkin akan mengalami fistula pada kulit skrotum sehingga menjadikannya lebih berisiko dan berakibat fatal. Semakin lama Anda menunda perawatan, semakin besar kemungkinan testis akan mengalami kerusakan jangka panjang. Orkitis yang tidak diobati dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan, kehilangan satu atau kedua testis, dan penyakit parah hingga kematian.

Kapan Mencari Perawatan Medis untuk Orkitis?

Individu yang mengalami nyeri testis, kemerahan, atau pembengkakan harus segera mencari perawatan dan evaluasi medis lebih luas guna memastikan diagnosanya. Jangan tunda perawatan medis karena Anda juga berkesempatan untuk mendapat kondisi darurat lainnya, seperti torsi testis yang merupakan kondisi darurat medis sehingga Anda akan membutuhkan bantuan medis dengan segera.

Kunjungi layanan kesehatan khusus atau dokter spesialis untuk hasil pemeriksaan dan perawatan yang tepat sesuai dengan keluhan serta kebutuhan medis Anda. Jika pria yang terkena bahaya orkitis tidak dapat segera menemui perawatan kesehatannya untuk dievaluasi, maka kondisi yang terus memburuk adalah konsekuensi untuk Anda nantinya.

Mencegah Bahaya Orkitis Lebih Buruk!

Beberapa kasus orkitis memang tidak dapat dicegah karena kondisi, tanda dan gejala yang asimtomatik atau tidak dapat diketahui secara jelas. Terutama jika Anda sering menderita masalah saluran kemih bawaan atau memiliki riwayat seksual yang aktif, dimana kemungkinan sebuah infeksi dari bakteri atau virus juga akan lebih mudah masuk pada area genital Anda. Namun, Anda dapat melindungi diri dari jenis orkitis yang disebabkan oleh infeksi virus tertentu.

Dan berikut adalah beberapa tips mencegah bahaya orkitis yang bisa Anda terapkan :

• Memilih vaksinasi sejak dini (vaksinasi virus gondong bagi pria).
• Praktik kontak seksual yang aman dan tidak berisiko.
• Ketahui riwayat seksual pasangan Anda.
• Hindari aktifitas berat jika terjadi rasa nyeri atau sakit pada area buah zakar.
• Jangan lakukan pengobatan secara sembarang.

Lakukan Konsultasi Dan Pengobatan Sedini Mungkin

Jika Anda memiliki orkitis yang disebabkan oleh infeksi menular seksual, sebaiknya lakukan juga skrining atau pemeriksaan untuk pasangan Anda guna mencegah adanya penularan. Konsultasikan pada dokter Anda di Klinik Utama Gracia sekarang untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Semakin cepat kondisi Anda diketahui artinya semakin cepat pula Anda mendapat penanganannya.

Coba klik link chat dokter kami untuk memudahkan akses konsultasi secara online atau teledokter 081336361555 tanpa biaya sekarang! kami hadir untuk pelayanan medis terbaik Anda secara khusus dan lebih intensif.