Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Peradangan pada testis atau disebut dengan orkitis merupakan masalah kesehatan serius bagi organ reproduksi seorang pria, dampak orkitis dapat berkembang ketika Anda tidak mendapatkan pengobatan diwaktu yang tepat. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang telah masuk melalui saluran uretra dan menyebar hingga akhirnya sampai pada area organ reproduksi bagian dalam.

Apa saja dampak orkitis ketika tidak segera ditangani? Seorang pria mungkin bisa mendapatkan kondisi darurat medis saat orkitis yang dialaminya tidak sesegera mungkin diobati, dan berikut adalah beberapa dampak orkitis yang dapat dialaminya.

1. Abses Skrotum

Kumpulan nanah (abses) karena infeksi kadang-kadang berkembang di skrotum. Ini mungkin membutuhkan operasi kecil untuk mengeringkan atau mengeluarkan nanah dari areanya. Ini terjadi karena adanya infeksi atau peradangan jangan panjang yang cukup membuat kondisi keluhannya menjadi berubah hingga menimbulkan dampak.

2. Ketidaksuburan Atau Kemandulan

Testis pada sistem organ reproduksi pria juga berfungsi sebagai salah satu penghasil cairan yang digunakan dalam pembentukan sperma atau air mani. Jika masalah kesehatan muncul pada salah satu atau kedua testis Anda tentu akan berakibat pada berkurangnya kesuburan pada testis yang terkena, karena produksi testosteron yang tidak memadai (hipogonadisme) terutama pada kasus yang disebabkan oleh virus gondong.

3. Peradangan Kronis


Peradangan andrologi kronis yang berkelanjutan kadang-kadang berkembangakibat adanya perkembangan infeksi mendasar sebelumnya. Kondisi seperti epididimitis juga bisa akan sangat menganggu fungsi seksual dan sistem organ genital Anda, karena epididimis pria juga berapa tepat dibelakang area testis sehingga ini juga bisa disebut dengan epididimo-orkitis.

Baca Juga : Ketahui Ciri Ciri Orkitis Pada Pria

4. Kematian Jaringan Testis (Infark Testis)

Meski jarang, kerusakan serius pada testis dapat terjadi dan mengakibatkan jaringan mati (gangrene) dalam testis yang perlu diangkat melalui pembedahan. Dampak orkitis ini tentunya akan berkaitan pada hilangnya fungsi seksual yang akhirnya mengakibatkan adanya perubahan pada tingkat kesuburan seorang pria karena kematian jaringan dan proses pengangkatan testis yang dilakukan.

5. Atrofi Testis

Atrofi testis adalah dampak orkitis yang mengakibatkan kondisi testis seorang pria mengalami penyusutan atau ukurannya yang mengecil. Kondisi medis ini terjadi akibat adanya kondisi infeksi yang telah dialami oleh orang tersebut. Meski tidak selalu pria yang mengalami kelauhan orkitis dapat mengalami kondisi ini, namun kebanyakan pria berkesempatan lebih untuk mendapatkan atrofi testis ketika dirinya mengalami keluhan orkitis.

6. Torsi Testis

Nyeri akut pada skrotum atau testis dapat disebabkan oleh pelintiran pembuluh darah testis atau disebut dengan torsi testis sebagai dampak orkitis. Ini adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan operasi segera bagi Anda yang mengalaminya. Karena rasa nyeri mungkin tidak dapat ditahan bahkan hingga dapat menimbulkan kondisi fatal.

7. Kanker Testis


Beberapa penelitian juga menemukan tingkat kanker testis yang lebih tinggi dapat terjadi bagi pria yang memiliki keluhan orkitis atau dengan riwayat kondisi tersebut. Terkadang Anda mungkin akan mengalami pembengkakan dan sedikit rasa sakit pada area testis tanpa dapat disadari. Pemeriksaan dengan menggunakan alat medis (pencitraan) mungkin dapat mengidentifikasi pembengkakan Anda secara lebih jelas.

Jangan biarkan keluhan Anda berlangsung lama tanpa pemeriksaan, Segera temui dokter atau penyedia layanan kesehatan khusus yang dapat mengatasi keluhan Anda dengan efektif di Klinik Utama Gracia. Klinik andrologi dan ginekologi terpercaya dengan prosedur medis yang aman serta prioritas kesembuhan pasiennya yang terjamin.

Kunjungi kami secara langsung atau konsultasikan via chat online dibawah ini, untuk pertanyaan lebih jelas hubungi dokter Anda di nomor 081336361555. Reservasi dan konsultasikan secara gratis disini!


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.