Peradangan atau infeksi pada buah zakar (testis) lebih sering dikatakan dalam gangguan orkitis pada pria yang mana kondisinya dapat disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyebar. Orkitis yang dialami oleh seorang pria dapat menyebabkan rasa sakit berlebih dan juga bisa mempengaruhi tingkat kesuburan Anda ketika berlangsung dalam jangka panjang.

Gejala Pada Gangguan Orkitis

• Pembengkakan pada satu atau kedua testis (terkadang juga pada kelenjar getah bening diselangkangan).
• Nyeri mulai dari yang ringan sampai yang parah.
• Darah dalam air mani.
• Kelembutan pada satu atau kedua testis, yang bisa berlangsung berminggu-minggu.
• Demam dan menggigil.
• Mual dan muntah.
• Buang air kecil yang menyakitkan.
• Sakit kepala, kelelahan, dan pegal-pegal.

Penyebab Keluhan Orkitis Anda

Ada 2 jenis penyebab utama yang menjadikan seorang pria mengalami gangguan orkitis, seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu:

Baca Juga : Tanda Tanda Orchitis Pada Dewasa Harus Diketahui

• Orkitis bakteri

Paling sering dan umumnya gangguan orkitis yang disebabkan oleh bakteri adalah hasil sebuah komplikasi dari keluhan epididimitis maupun keluhan peradangan andrologi lain yang berlangsung sebelumnya. Dimana keluhan epididimitis juga terjadi akibat adanya sebuah infeksi bakteri PMS ataupun pada infeksi saluran kemih (ISK).

• Orkitis virus

Jika gangguan orkitis Anda dididiagnosis dengan penyebab virus maka biasanya akan lebih ditemukan bahwa jenis virus gondong adalah penyebabnya. Jika seorang pria ditemukan dengan riwayat keluhan gondong, ini akan menandakan jika dirinya juga bisa mengalami gangguan orkitis setelah masa pubertasnya.

Dapatkan Diagnosa Keluhan Anda

Jika Anda mengalami rasa sakit atau bengkak di area buah zakar dan terjadi tanda perubahan pada area skrotum Anda, terutama jika rasa sakit itu terjadi tiba-tiba, segera temui dokter Anda untuk mendapatkan sebuah diagnosa dan pengobatannya. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan nyeri testis atau buah zakar secara berlebih, dan beberapa kondisi memerlukan perawatan dengan segera!

Salah satu kondisi seperti itu melibatkan adanya gangguan pada sistem organ reproduksi bagian dalam kronis jika berlangsung dalam jangka lama. Dokter Anda dapat melakukan tes untuk menentukan kondisi mana yang menyebabkan rasa sakit maupun keluhan Anda, guna menentukan perawatan maupun pengobatan yang tepat.

Jika Keluhan Orkitis Anda tidak Segera Ditangani

Pilihan pengobatan atau perawatan yang Anda lakukan tentu akan menentukan kondisi jangka panjang yang nantinya akan Anda alami. Penting bagi Anda untuk menentukan pilihan pengobatan terbaik yang sesuai dengan penyebabnya. Apa yang terjadi jika keluhan orkitis Anda tidak segera ditangani dengan baik? Komplikasi atau bahaya kesehatan adalah dampak yang bisa Anda dapatkan. Beberapa diantatanya dapat meliputi :

• Peradangan kronis epididimitis.
• Abses atau lepuhan didalam skrotum.
• Terjadi penyusutan testis (salah satu atau keduanya dan disebut dnegan atrofi testis).
• Kematian jaringan pada testis atau kehilangan fungsi.
• Infertilitas atau kemandulan.

Ini Yang Anda Butuhkan!

Untuk mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan dari dokter seperti kondisi, metode pengobatan, bahkan biaya yang Anda butuhkan, ada baiknya jika Anda mengunjungi layanan kesehatan atau dokter khusus yang memang secara intensif dan spesialis dalam menangani keluhan Anda tersebut. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan dan konsultasi Anda!

Klinik Utama Gracia hadir untuk memberikan solusi kesehatan genital bagi Anda dengan segala keunggulan di setiap tindakan dan juga tenaga medisnya. Coba klik link konsultasi kami untuk chat dengan dokter secara langsung atau Anda juga bisa melakukan teledokter di nomor 081336361555. Reservasi sekarang untuk prioritas lebih pemeriksaan Anda!