Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Prostatitis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kelenjar prostat, organ berbentuk kecil yang terletak tepat dibawah kandung kemih pria dan mengelilingi uretra (tabung tempat urine lewat). Kelenjar prostat menghasilkan sebagian besar cairan. Prostatitis adalah infeksi pada prostat akan tetapi bisa juga merupakan peradangan atau pembengkakan tanpa adanya tanda-tanda infeksi. Prostatitis dapat menyerang pria dari segala usia. Sebagian pria memiliki gejala di beberapa titik selama hidupnya.

Pengertian Prostatitis Adalah

Prostatitis adalah peradangan atau pembengkakan kelenjar prostat. Bisa sangat menyakitkan dan menyusahkan akan tetapi bisa menjadi baik kembali. Prostat adalah kelenjar kecil yang ditemukan pada pria yang terletak diantara penis dan kandung kemih. Bisa menghasilkan cairan yang dicampur dengan sperma untuk membuat air mani. Tidak seperti kondisi prostat lainnya seperti pembesaran prostat (BPH) atau kanker prosat yang biasanya menyerang pria yang lebih tua, prostatitis dapat berkembang pada pria dari segala usia. Namun ini umumnya dapat menyerang pria yang berusia antara 30 tahun hingga 50 tahun.

Apa Penyebab Prostatitis Pada Pria?

Penyebab prostatitis adalah berbeda tergantung pada jenisnya, meliputi :

• Prostatitis Kronis Atau Sindrom Nyeri Panggul (Pelvic) Kronis

Penyebab pasti dari prostatitis kronis atau sindrom nyeri panggul (pelvic) kronis tidak diketahui. Mikroorganisme bukan infeksi bakteri yang dapat menyebabkan kondisi tersebut. Jenis prostatitis ini kemungkinan berhubungan dengan bahan kimia dalam urine, respons sistem kekebalan terhadap infeksi saluran kemih (ISK) sebelumnya atau kerusakan saraf di area panggul (pelvic).

• Prostatitis Bakteri Akut Dan Kronis


Infeksi bakteri pada prostat menyebabkan prostatitis bakteri. Tipe akut berlangsung dalam waktu yang singkat sedangkan tipe kronis berkembang perlahan dan berlangsung lama seringkali bertahun-tahun. Infeksi ini dapat terjadi ketika bakteri melewati uretra ke prostat.

Baca Juga : Orchitis Adalah…

Gejala Prostatitis Yang Umum Pada Pria

Kemungkinan tidak memiliki gejala prostatitis atau jika memiliki gejala namun tidak parah, gejala prostatitis adalah sebagai berikut :
 
• Mengharuskan sering kencing.
• Kesulitan untuk kencing.
• Terasa nyeri atau seperti terbakar saat kencing.
• Demam dan menggigil.
• Rasa sakit yang muncul dan hilang di perut bagian bawah, sekitar anus dan di pangkal paha.
• Nyeri saat ejakulasi.
• Nyeri saat berhubungan seksual.
 
Prosat juga dapat membengkak dan menyebabkan aliran urine yang kurang kuat.

Mendiagnosis Prostatitis Dengan Tepat


Dokter mendiagnosis prostatitis berdasarkan riwayat medis seseorang berserta keluarganya, melalui pemeriksaan fisik secara menyeluruh, tes atau pengujian medis. Dokter kemungkinan harus mengesampingkan kondisi lain yang dapat menyebabkan tanda atau gejala yang sama sebelum mendiagnosis prostatitis.

Cara Mengatasi Prostatitis Pada Pria

Pengobatan untuk prostatitis akan tergantung saat memiliki prostatitis akut atau prostatitis kronis, termasuk :

• Pengobatan Prostatitis Akut

Prostatitis akut dimana tanda dan gejalanya yang bisa tiba-tiba parah dan biasanya diobati dengan obat-obatan penghilang rasa sakit dan pengobatan antibiotik selama 2 minggu hingga 4 minggu. Pengobatan harus segera dilakukan jika rasa sakit sudah parah dan tidak bisa mengeluarkan urine (retensi urine akut).

• Pengobatan Prostatitis Kronis


Pengobatan untuk prostatitis kronis dimana gejalanya muncul dan hilang dalam beberapa bulan dan biasanya pengobatan ini bertujuan untuk mengendalikan gejala yang muncul. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala ke tingkat yang tidak mengganggu aktifitas sehari-hari dan menghilangkan rasa sakit sepenuhnya.

Pengobatan ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan ini ditangani langsung oleh para dokter ahli yang berpengalaman di dalam bidangnya. Dibantu peralatan medis canggih dan modern. Biaya pengobatan yang sangat terjangkau. Lokasi yang sangat strategis. Konsultasi dapat dengan mudah dilakukan seperti dibawah ini atau dengan menghubungi kami di 081336361555.

Baca Juga : Orkitis Adalah Peradangan Pada Testis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.