Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Radang panggul adalah infeksi dan peradangan pada 1 atau lebih organ di area panggul wanita. Apakah ada obat radang panggul yang ampuh untuk ini? Organ ranggul yang terkena pada wanita biasanya termasuk serviks (leher rahim), endometrium (lapisan rahim), saluran tuba dan ovarium.

Radang panggul disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebar atau menular dari serviks (leher rahim) ke organ reproduksi wanita lainnya. Infeksi ini dapat ditularkan secara seksual (gonore atau kencing nanah dan klamidia) atau infeksi dapat terjadi setelah aborsi, pemasangan alat kontrasepsi dalam kandungan atau saat persalinan.

Ketahui Arti Dari Radang Panggul Pada Wanita

Ada banyak jenis obat radang panggul yang ampuh. Radang panggul adalah suatu kondisi yang dapat mempengaruhi sebagian wanita. Radang panggul yang paling umum terjadi pada wanita yang aktif secara seksual dan berusia 20 tahun hingga 24 tahun. Ketika didiagnosis lebih awal, radang panggul akan mudah diobati dan sebagian besar wanita harus melakukan pemulihan untuk kondisi ini.
 
Radang panggul adalah infeksi rahim, indung telur dan tabung dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada kebanyakan kasus disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore (kencing nanah). Radang panggul mudah diobati dengan pengobatan antibiotik atau obat radang panggul yang ampuh. Radang panggul dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan, kehamilan ektopik atau nyeri panggul (pelvic) kronis.

Penyebab Umum Dari Penyakit Radang Panggul


Radang panggul biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS). PMS ini juga adalah infeksi yang menyebar atau menular melalui hubungan seksual seperti seks vaginal, seks oral dan seks anal. Chlamydia dan gonore (kencing nanah) adalah PMS yang paling sering menyebabkan radang panggul di kalangan wanita.

Baca Juga : Apakah Berbahaya Penyakit Radang Panggul Pada Wanita?

Gejala-Gejala Yang Berpengaruh Terhadap Radang Panggul

Ada beberapa gejala radang panggul yang harus diketahui, seperti :
 
• Terasa nyeri saat kencing.
• Terasa nyeri di perut.
• Terasa nyeri selama atau setelah berhubungan seksual.
• Demam.
• Mual dan muntah.
• Perdarahan setelah berhubungan seksual.
• Keputihan abnormal (tidak normal).
• Perdarahan antar periode.
 
Kemungkinan sangat sulit untuk mengetahui seseorang menderita radang panggul. Beberapa wanita kemungkinan tidak memiliki gejala apapun, terutama ketika radang panggul disebabkan oleh infeksi klamidia. Namun gejala yang parah dapat berkembang dengan cepat, seperti :
 
• Sakit perut bagian bawah atau sakit punggung.
• Sakit saat berhubungan seksual atau saat kencing.
• Periode abnormal (tidak normal) dan peningkatan nyeri selama periode.
• Keputihan abnormal (tidak normal) termasuk perdarahan setelah berhubungan seksual.
• Demam, menggigil, mual dan muntah.
 
Jika mengalami gejala-gejala radang panggul yang parah ini segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Pentingnya Radang Panggul Untuk Didiagnosis


Radang panggul dapat didiagnosis dengan mengambil swab vagina dan serviks (leher rahim) akan tetapi harus melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) juga atau tes dan pengujian yang lainnya terutama jika tidak ada gejala sama sekali. Untuk mengetahui seseorang memiliki radang panggul dengan pemeriksaan sebagai berikut :

• Menanyakan mengenai aktifitas seksual.
• Menanyakan mengenai gejalanya.
• Melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan panggul (pelvic).
• Tes atau pengujian urine dan keputihan untuk PMS.

Terkadang juga mmerlukan lebih banyak tes atau pengujian seperti USG atau CT scan yang dapat dilakukan untuk melihat rahim, saluran tuba dan ovarium.

Penanganan Dengan Obat Radang Panggul Yang Ampuh


Radang panggul diobati dengan antibiotik atau obat radang panggul yang ampuh. Dapat diberikan secara oral maupun intravena. Jenis pengobatan antibiotik atau obat radang panggul yang ampuh tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Terkadang radang panggul diobati dengan operasi. Radang panggul diobati dengan kombinasi antibiotik atau obat radang panggul yang ampuh selama setidaknya 14 hari.

Selama pengobatan disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual. Jika pasangan Anda juga didiagnosis mengidap IMS, maka harus melakukan pemeriksaan dengan dokter dan melakukan pengobatan juga. Ketika radang panggul diobati sejak dini, dapat mengurangi risiko komplikasi seperti kesuburan yang lebih rendah, sakit perut kronis, kehamilan ektopik, keguguran, kelahiran prematur dan kelahiran mati.

Kondom adalah perlindungan terbaik terhadap infeksi menular seksual (IMS) dan radang panggul. Sangat penting juga untuk melakukan tes atau pengujian berkala untuk IMS jika aktif secara seksual dan melakukan pemeriksaan IMS sebelum melakukan pemasangan alat kontrasepsi seperti IUD atau aborsi. Untuk info selanjutanya dapat konsultasi di Klinik Utama Gracia dan lakukan pengobatan. Caranya hubungi 081336361555 atau layanan dibawah ini untuk mengetahui obat radang panggul yang ampuh.

Baca Juga : Apakah Pinggang Kanan Sakit Gejala Radang Panggul?


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.