Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Radang panggul pada remaja adalah infeksi ovarium wanita, saluran tuba dan rahim. Pengobatan dengan antibiotik dapat membantu mencegah masalah dalam jangka panjang. Jika tidak segera diobati lebih awal, radang panggul dapat menyebabkan jaringan parut pada saluran tuba terutama jika mendapatkannya lebih dari 1 kali.

Hal ini dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan (ketidakmampuan untuk hamil atau memiliki bayi) atau komplikasi dalam kehamilan termasuk kehamilan ektopik (dimana kehamilan terjadi di luar rahim). Radang panggul yang tidak segera diobati juga dapat menyebabkan nyeri panggul (pelvic) yang berkelanjutan. Sangat penting untuk mengkonsultasikannya dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan jika memiliki radang panggul.

Radang Panggul Adalah

Radang panggul adalah peradangan yang mempengaruhi organ-organ di panggul (pelvic). Ini biasanya disebabkan oleh infeksi yang menyebar atau menular dari vagina melalui serviks (leher rahim) ke rahim dan kemudian naik lebih tinggi melalui saluran tuba (tabung pembawa telur dari ovarium ke rahim) menuju ovarium dan kemudian ke bagian dalam perut.
 
Jika peradangan ini terjadi secara tiba-tiba dan parah maka disebut radang panggul akut. Dan ini juga dapat menyebabkan kumpulan cairan untuk berkembang dan biasanya di dalam tabung dan dekat dengan ovarium (abses tubo ovarium dan komplikasi serius yang memerlukan pengobatan). Dan jika peradangannya tidak terlalu parah dan bisa bertahan lama yang disebut radang panggul kronis.

Penyebab Umum Radang Panggul Wanita


Radang panggul pada remaja wanita biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS). PMS ini juga disebut infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi yang menyebar dan menular melalui hubungan seksual seperti seks vaginal, seks oral dan seks anal. Chlamydia dan gonore (kencing nanah) adalah PMS yang paling sering menyebabkan radang panggul.

Radang panggul pada remaja adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Biasanya radang panggul ini disebabkan oleh bakteri dari IMS. Terkadang radang panggul disebabkan oleh bakteri normal yang ditemukan di vagina. Jika tidak segera diobati, radang panggul dapat menyebabkan masalah hamil, masalah selama kehamilan dan nyeri panggul (pelvic) jangka panjang.

Baca Juga : Apakah Berbahaya Penyakit Radang Panggul Pada Wanita?

Ciri Dan Gejala Radang Panggul Pada Remaja

Gejala radang panggul pada remaja yang paling umum adalah nyeri perut bagian bawah. Rasa sakitnya bisa bertambah buruk saat berhubungan seksual. Gejala lain dapat termasuk :
 
• Keputihan yang berbau busuk.
• Sakit saat kencing.
• Menstruasi yang tidak teratur atau bercak.
• Demam.
• Seks yang menyakitkan.
• Kencing yang menyakitkan.
• Nyeri di perut kanan atas.
 
Terkadang wanita dengan radang panggul juga tidak memiliki gejala. Pada kebanyakan wanita tidak mengetahui saat menderita radang panggul, karena tidak memiliki ciri dan gejalanya.

Bagaimana Radang Panggul Dilakukan Diagnosis?

Untuk mengetahui seseorang memiliki radang panggul, dokter dapat melakukan diagnosis dengan :
 
• Menanyakan mengenai aktifitas seksual.
• Menanyakan mengenai gejala.
• Melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan panggul (pelvic).
• Tes atau pengujian urine (kencing) dan keputihan untuk PMS.
 
Terkadang diperlukan lebih banyak tes atau pengujian. Seperti USG atau CT scan juga dapat dilakukan untuk melihat rahim, saluran tuba dan ovarium.

Atasi Radang Panggul Pada Remaja Sejak Dini


Dokter mengobati radang panggul pada remaja dengan pengobatan antibiotik. Semua pasangan seksual juga harus melakukan pengobatan. Seorang wanita yang sedang melakukan pengobatan karena radang panggul tidak boleh melakukan hubungan seksual hingga pengobatannya selesai dan tidak memiliki ciri atau gejala radang panggul dan hingga pasangannya juga telah melakukan pengobatan dan tidak memiliki ciri atau gejala lagi.

Dokter dapat memberikan pengobatan antibiotik untuk mengobati radang panggul. Sebagian besar pengobatan antibiotik digunakan dan bekerja melawan berbagai jenis bakteri. Maka harus menyelesaikan semua pengobatan hingga gejalanya hilang. Karena dengan pengobatan ini dapat membantu memastikan infeksi sepenuhnya sembuh. Konsultasikan dengan dokter di Klinik Utama Gracia untuk pengobatan kondisi ini. Atau dengan menghubungi langsung kami di 081336361555 atau pada layanan dibawah ini.

Baca Juga : Ketahui Jenis Obat Radang Panggul Yang Ampuh Dan Aman


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikandrologi.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.