Penyakit kelamin adalah penyakit serius dan terkadang menyakitkan yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada tubuh jika tidak segera diobati. Beberapa penyakit kelamin hanya menginfeksi organ seksual dan reproduksi. Yang lainnya menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh. Ketika tidak segera diobati, penyakit kelamin dapat menyebabkan konsekuensi yang mengancam jiwa.

Penyakit Kelamin Adalah Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS) umumnya didapat melalui kontak seksual. Organisme yang menyebabkan penyakit kelamin dapat menular dari orang ke orang dalam darah, air mani atau cairan vagina dan cairan tubuh lainnya. Terkadang infeksi ini dapat ditularkan secara non seksual seperti dari ibu ke bayi selama kehamilan atau persalinan atau melalui transfusi darah atau berbagi jarum. Kondisi ini kemungkinan tertular dari orang-orang yang kelihatannya sangat sehat dan kemungkinan bahkan tidak menyadari infeksi. Penyakit kelamin tidak selalu menyebabkan gejala yang merupakan salah satu alasannya.

Penyebab Penyakit Kelamin Adalah Sebagai Berikut

Penyakit kelamin dapat disebabkan oleh :

• Bakteri seperti gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan klamidia.
• Parasit atau patogen (trikomoniasis).
• Virus seperti Human Papilloma Virus (HPV), herpes genital dan HIV.

Aktifitas seksual berperan dalam menularkan banyak infeksius lainnya, walaupun kemungkinan saja terinfeksi tanpa kontak seksual. seperti contohnya termasuk virus hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C, Shigella dan Giardia Intestinalis (GI).

Baca Juga : Penyakit Kelamin Pada Pria Tidak Disembuhkan? Ini Dampak Mengerikannya

Gejala Penyakit Kelamin Adalah Gejala Yang Harus Dihindari

Banyak penyakit kelamin yang tidak menimbulkan gejala. Gejalanya bervariasi untuk setiap penyakit kelamin, akan tetapi termasuk luka disekitar area genital atau di mulut, nyeri atau terasa seperti terbakar saat kencing, keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina atau penis, terasa gatal, bengkak, nyeri di dalam atau di sekitar vagina atau penis, rasa sakit di area panggul (pelvic) atau perut (terkadang disertai dengan demam dan menggigil) atau perdarahan selain dari siklus menstruasi.

Jika memiliki salah satu dari gejala ini, maka kemungkinan memiliki penyakit kelamin, akan tetapi tidak berarti sesuatu yang serius. Konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan agar aman. Penyakit kelamin dapat memiliki berbagai gejala termasuk tidak ada gejala. Itu sebabnya terkadang tidak diperhatikan sampai terjadi komplikasi. Gejalanya kemungkinan yang mengindikasi penyakit kelamin adalah :

• Adanya luka atau benjolan pada alat kelamin atau area mulut atau dubur.
• Kencing yang menyakitkan atau terasa terbakar.
• Debit dari penis.
• Keputihan yang tidak biasa atau berbau.
• Perdarahan vagina yang tidak biasa.
• Rasa sakit saat berhubungan seksual.
• Terasa nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening terutama di pangkal paha akan tetapi terkadang lebih luas.
• Nyeri perut bagian bawah.
• Demam.

Gejala dapat muncul beberapa hari setelah terpapar atau kemungkinan perlu bertahun-tahun sbeleum memiliki masalah atau kondisi yang nyata tergantung pada organismenya.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penyakit Kelamin?

Jika riwayat seksual dan gejala ini menunjukkan memiliki penyakit kelamin. maka tes atau pengujian di laboratorium dapat mengidentifikasi penyebab dan mendeteksi koinfeksi yang kemungkinan dialami. Cara mendiagnosis penyakit kelamin adalah dengan cara :

• Tes atau pengujian darah, karena dapat mengkonfirmasi HIV atau tahap sipilis (raja singa) selanjutnya.

• Sampel urine, yaitu beberapa penyakit kelamin yang dapat dikonfirmasi dengan sampel urine.

• Sampel cairan, yaitu jika memiliki luka genital yang aktif, pengujian atau tes cairan dan sampel dari luka dapat dilakukan untuk mendiagnosis jenis infeksi. Tes atau pengujian di laboratorium terhadap bahan dari sakit genital atau keputihan digunakan untuk mendiagnosis beberapa penyakit kelamin.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Kelamin?

Penyakit kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri umumnya lebih mudah diobati. Infeksi virus dapat dikelola akan tetap tidak selalu sembuh. Jika sedang hamil dan memiliki penyakit kelamin, pengobatan dengan cepat dapat mencegah atau mengurangi risiko infeksi bayi. Pengobatan biasanya terdiri dari salah satu berikut ini tergantung infeksinya :

• Antibiotik

Antibiotik dalam dosis tunggal dapat menyembuhkan banyak infeksi bakteri dan parasit (patogen) yang ditularkan secara seksual termasuk gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa), klamidia dan trikomoniasis. Biasanya akan dilakukan pengobatan untuk gonore (kencing nanah) dan klamidia pada saat yang bersamaan karena keduanya infeksi yang sering muncul secara bersamaan.

• Obat-Obatan Antivirus

Obat-obatan antivirus dapat mencegah infeksi HIV selama bertahun-tahun. Akan tetapi virus tetap ada dan masih bisa ditularkan meskipun risikonya lebih rendah. Semakin cepat melakukan pengobatan maka akan semakin efektif. Jika tidak menyelesaikan pengobatan maka kemungkinan akan muncul infeksi yang tidak bisa terdeteksi.

Jika pernah mengalami penyakit kelamin, segera konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dilanjutkan dengan melakuakan pengujian atau tes untuk mendiagnosis. Jika diagnosisnya telah disimpulkan maka pengobatan juga bisa diterapkan sesuai penyakit dan tingkat keparahannya.

Untuk rekomendasi, Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin. Biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau dengan pelayanan yang sangat baik, selain itu Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kesembuhan dan kepuasan setiap pasiennya. Dengan menghubungi nomor 081336361555 Anda sudah bisa melakukan pengobatan, atau dengan mengkonsultasikannya melalui layanan konsultasi online kami dibawah ini.