Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh

Penyakit kelamin apakah bisa sembuh dengan sendirinya jika tidak diberikan pengobatan? Ada beberpaa jenis penyakit kelamin yang memang bisa disembuhkan dan ada juga yang diantaranya tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi pengertian sembuh disini bukan berarti tanpa dilakukannya tindakan pengobatan. Anda akan tetap membutuhkan tindakan pengobatan untuk menyembuhkan sebuah infeksi penyakit kelamin.

Setiap penyakit kelamin umunya didapat melalui kontak seksual dan bisa diperoleh siapa saja yang, dan terkadang infeksi juga bisa terjadi melalui kontak non seksual. Banyaknya jenis penyakit dan juga mikroorganisme penyebabnya itulah yang menentukan infeksi penyakit kelamin apakah bisa sembuh hingga total atau tidak. Dan ketika Anda terinfeksi penyakit kelamin mikroorganisme tersebut mungkin akan mudah ditemukan pada :

• Sekresi vagina.
• Sperma atau air mani.
• Darah.
• Luka.
• Cairan tubuh lainnya misalnya lendir atau liur.

Baca Juga : Awas, Ini Macam Macam Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita

Jenis Penyakit Kelamin Yang Bisa Disembuhkan

Beberapa jenis penyakit kelamin apakah bisa sembuh dan hilang secara tuntas jika penyebab keluhannya adalah sebuah bakteri, parasit, atau organisme lain. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri, yaitu :

• Gonore atau kencing nanah (neisseria gonorrhea).
• Klamidia (chlamydia trachomatis).
• Trikomoniasis (trichomonas atau jenis protozoa parasit).
• Sifilis atau raja singa (treponema pallidum).
• Kutu kelamin (phthirus pubis).
• Kudis atau eksim selangkangan (scabies atau jenis parasit).

Masih banyak lagi jenis-jenis penyakit kelamin apakah bisa sembuh yang tidak Anda tahu, dan kebanyakan mungkin akan lebih disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Jika jenis penyakit-penyakit yang menginfeksi Anda atau pasangan adalah jenis penyakit seperti yang disebutkan diatas, maka kemungkinan untuk dapat disembuhkan sangatlah tinggi.

Penyakit kelamin non virus ini memang biasanya akan menimbulkan gejala berulang atau kambuhan dan terkadangs akan membuatnya tampak seperti sembuh atau hilang dengan sendirinya. Justru Anda harus memperhatikan jika hal tersebut terjadi, karena kondisi keluhan tersebut tidaklah benar-benar hilang dan masih membutuhkan perawatan medis intensif untuk menyembuhkannya.

Jenis Penyakit Kelamin Yang Sulit Disembuhkan

Virus penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Jenis-jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus tentu akan lebih sulit untuk disembuhkan, bahkan tidak dapat disembuhkan. Infeksi virus lebih berbahaya jika dibandingkan dengan infeksi bakteri, namun beberapa jenis penyakit kelamin juga bisa diatasi dengan pemberian vaksinasi. Setiap penyakit yang disebabkan oleh virus dapat bertahan seumur hidup dan akan lebih bergantung pada sistem kekebalan tumbuh orang tersebut.

Sebuah virus akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, sehingga infeksi virus akan lebih sulit untuk dihilangkan dan disembuhkan secara total. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus :

• AIDS atau HIV (human immunodeficiency virus).
• Herpes genital (herpes simplex virus tipe 2).
• Kutil kelamin (human papilloma virus).
• Hepatitis B (HBV atau hepatitis B virus).

Meskipun tidak dapat disembuhkan secara total, pengobatan untuk penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi virus berguna untuk mengontrol perkembangan virus tersebut didalam tubuh, mengurangi efek gejala, meminimalisir kerusakan kronis atau bahaya pada sistem tubuh lain, serta menghindari penularan pada orang lain. Jika perawatan atau pengobatan tidak dilakukan maka kondisi yang mengancam jiwa atau kerusakan sistem secara permanen bisa menjadi bagian terberat.

Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh

Pandangan Pada Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?

Memiliki riwayat infeksi penyakit kelamin berarti memberikan kesempatan lebih untuk sebuah infeksi lain berkembang didalam tubuh Anda. Setiap penyakit kelamin baik yang dapat disembuhkan maupun tidak dapat disembuhkan bisa dikelola dengan baik jika Anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan diwaktu yang tepat.

Perbedaan kondisi antara satu orang dengan orang, kemungkinan gejala yang terlihat dan tidak terlihat, jenis penyebab yang mendasari sebuah keluhan adalah beberapa pertimbangan dan alasan penting mengapa sebuah pemeriksaan harus dilakukan. Tes dan pengujian secara medis untuk skrining akan sangat dianjurkan bagi Anda yang memang memiliki riwayat kontak seksual berisiko atau mencurigai adanya gejala penyakit kelamin.

Lakukan di Klinik Utama Gracia untuk tindakan dan penanganan terbaik mengenai keluhan penyakit kelamin Anda. Reservasi dan konsultasi sekarang dengan dokter kami di nomor 081336361555 atau silahkan klik layanan chat online kami.